27 October 2009

Tanggal 28 Oktober, bangsa Indonesia mempunyai hari bersejarah. Ya, pada hari tersebut, 81 tahun yang lalu, tepatnya 28 Oktober 1928, para pemuda Indonesia berkumpul untuk menyatukan tekad mempersatukan Indonesia. Bukan hanya sekedar mangan ora mangan sing penting kumpul. Ada sebuah harapan, sebuah visi besar tentang Indonesia yang kelak (hari ini) anak cucu bangsa Indonesia akan menikmati hasilnya.
Namun sungguh ironi bila kita melihat kenyataan hari ini. Negeri yang diperjuangkan dan dipertahankan bersusah payah hingga bercucuran darah oleh para pahlawan, dinikmati oleh sebagian anak bangsa yang jauh dari nuansa heroik layaknya pahlawan dulu. Mereka menikmati sebagaimana orang melihat makanan terhidang di meja kemudian tebersit di benak mereka, "Ada makanan nih. Ayo kita habiskan rame-rame." Akibatnya, semangat untuk membangun negeri ini seperti ditelan bumi. Berganti dengan semangat 'menghabiskan makanan' tanpa peduli generasi selanjutnya mau makan apa.
Sekedar untuk mengajak para pemuda, remaja, pelajar atau siapapun yang merasa dirinya berjiwa muda, mari kita jaga hasil jerih payah para pendahulu kita ini dengan lebih bervisi ke depan. Mempersiapkan harapan untuk generasi selanjutnya. Nasyid berikut ini semoga bisa membangkitkan semangat kita untuk membangun negeri ini. Bangkit Negeriku, Harapan itu Masih Ada!

9 komentar:

  1. sebenarnya kita perlu juga " sumpah orang tua " , karena ternyata yang banyak bikin ribut sekarang ini bukan cuma pemuda.
    salam optimis

    ReplyDelete
  2. yap betul sekali. Dan yang tak kalah penting, mengawal sumpahnya itu sendiri.

    ReplyDelete
  3. Di zaman kayak gini, sedikit sekali orang yang inget makna sumpah pemuda sebenarnya...

    ReplyDelete
  4. Setuju, maka dari itu kita sebagai generasi penerus bangsa harus bertekat untuk membangun bangsa dan tidak menjatuhkan

    ReplyDelete
  5. hidup n maju pemuda!!!

    harapan masa depan

    ReplyDelete
  6. semoga kita semua bisa menjadi pemuda dan pemudi yang bermanfaat untuk negara ini

    ReplyDelete
  7. harapan ke depan semoga generasi penerus bangsa ini bisa lebih maju dan lebih baik lagi :)

    ReplyDelete
  8. semoga kita bisa memaknai dengan baik

    ReplyDelete