17 October 2010

Dilatar belakangi oleh tidak konsistennya sinyal pada modem 3G saya beberapa waktu yang lalu, yang mengakibatkan kurang lancarnya koneksi internet, saya mencoba mencari solusi supaya saya bisa berinternet tanpa hambatan. Solusi pun segera dicari mulai dari menimbang-nimbang untuk ganti modem atau ganti provider yang tentu saja merogoh kocek lebih dalam yang tentunya lebih mahal (gaji guru berapa sih?). Sampai saya mendapatkan alternatif solusi tanpa harus berganti modem maupun ganti provider/operator. Yaitu dengan penambahan antena luar untuk modem GSM saya. Googling pun segera saya lakukan dan alhasil saya menemukan desain antena yang dapat digunakan untuk frekuensi 3G. Saya peroleh informasi ini dari Oprekzone. Untuk gambar skema antena yang akan dibuat, silahkan bisa didownload pada link berikut ini:
Antena Yagi 3G 800 MHz
Antena Yagi 3G 1900 MHz
Berikut ini saya sertakan juga kalkulator penghitung antena Yagi (kalo yang mau coba frekuensi lain)
Kalkulator Yagi

Selamat mencoba :)

6 komentar:

  1. wah, menarik sekali
    semoga bisa membantu

    ReplyDelete
  2. mas, smuanya gak bs di download, sy perlu bgt ni, tlng bis kirim ke
    aswi_andi@yahoo.co.id
    tolong ya mas

    ReplyDelete
  3. link mu mati sob

    ReplyDelete
  4. kira-kira habis dana berapa ya kalau mau bikin yang kayak begituan..?
    menarik artikelnya dan saya pengen bikin karena sinyal dirumah minim banget, kadang malah ndak ada samasekali

    ReplyDelete