25 November 2010

Saya sebenarnya tidak terlalu 'ngeh' dengan sebuah banner berukuran sedang di sebelah kanan frontpage-nya IDWEBHOST. "IDwebhost Blog Review Competition 2011" sebuah perlombaan untuk mereview IDWEBHOST. Niatan saya menuliskan artikel ini sebagai pengalaman saya ber'muamalah' dengan IDWEBHOST. Namun sambil menyelam minum air -begitu kata pepatah- tak ada salahnya ikut kompetisi juga. Jika menang, ya alhamdulillah. Jika tidak, ya tidak mengapa.
Kebetulan saja hari Senin (22/11/2010) yang lalu, saya order domain dotcom untuk blog  customer saya di IDWEBHOST. Saya masukkan alamat domain yang saya inginkan dan melengkapi formulirnya hingga selesai tahap pengorderannya. Yang membuat saya respek terhadap penyedia jasa hosting tangguh ini adalah ketika beberapa saat kemudian saya cek di email saya ternyata sudah ada pemberitahuan dari pihak  IDWEBHOST untuk segera melakukan pembayaran. Untuk pembelian domain dot com dengan masa kontrak selama 1 (satu) tahun saya hanya dikenai tarif Rp. 89.436,- (benar-benar webhosting murah!). Itu untuk pembelian domain saja. Saya membandingkan dengan penyedia jasa domain lain, tidak ada yang semurah ini.  Pelayanan yang oke punya juga ditunjukkan dengan adanya sms ke hp saya yang intinya sama dengan  yang ada di email. Cara ini menurut saya sangat tepat, mengingat kebanyakan orang sekarang lebih dekat dan lebih intensif untuk membuka pesan di hp-nya daripada di-emailnya. Sehingga bila saya lupa mengecek email, sudah ada pemberihuan lewat sms yang jedanya tidak terlalu lama setelah menyelesaikan formulir order domain. 
Selasa (23/11/2010) tidak ada waktu senggang untuk mentransfer dana ke rekening IDWEBHOST, dan baru Rabu siang (24/11/2010) di sela-sela waktu istirahat kerja, saya transfer sejumlah uang ke rekening IDWEBHOST di Bank Syariah Mandiri. Saya tambah gumun (jawa: tertegun - red) dan baru kali ini melihat ada penyedia jasa hosting Indonesia yang punya rekening banyak. Tentu saja, memberikan kemudahan bagi saya karena kebetulan saya juga punya rekening di Bank Syariah Mandiri. (Pssst... jarang lho ada webhosting yang pake rekening syariah). Setelah itu saya konfirmasikan pembayaran melalui website IDWEBHOST. Kurang lebih 2 jam kemudian, (karena saya tidak sedang online) datang sms pemberitahuan bahwa pembayaran saya atas domain dotcom yang saya beli telah berhasil, alhamdulillah. Saya langsung pulang ke rumah.
Di rumah, saya sempatkan bersama keluarga dan bermain dengan si kecil Azzam dan Tera, dilanjutkan dengan mengikuti kajian rutin pekanan hingga pukul 23.30. Praktis tahap 'perkawinan' domain dotcom dengan blog customer saya baru bisa dilaksanakan setelah jam tersebut. Dengan fisik yang sudah agak lelah bin ngantuk, saya usahakan dapat selesai malam ini juga orderan dari customer saya tersebut. Setelah saya seting di bagian blogspotnya, ternyata belum dapat terkoneksi dengan baik. Saya coba ketikkan alamat domain yang saya beli di browser, muncul pesan error bahwa website tidak ditemukan. 1 jam saya berusaha, tetap belum bisa. Akhirnya saya putuskan untuk bertanya pada customer service IDWEBHOST (malam-malam gini?) mudah-mudahan ada pencerahan.
Saya buka website IDWEBHOST, ternyata ada CS yang sedang online yaitu mas Budi. Tidak saya sangka dan tidak saya duga, begitu saya buzz lewat YM, beberapa saat kemudian ada balasan (cepat sekali ya. kirain sudah tidur), "Selamat malam, ada yang bisa saya bantu" (Oh, that's a good greeting for customer). Saya utarakan permasalahan saya, dan sejurus kemudian terlihat jawaban di layar chat, "Saya bantu setting ya pak. Tunggu sebentar". Saya tidak tahu arti 'sebentar' itu berapa menit atau berapa jam. Saya tinggal FB-an saja dulu sambil baca status dan komentar teman-teman di FB. Sekitar 10 menitan, ada jawaban "Sudah saya setting pak, silahkan di set di bagian blogspotnya." Utak sana utik sini sekali lagi di blogspot, akhirnya berhasil. Padahal tadinya tidak menyangka dapat sambutan hangat CS Idwebhost via YM di tengah malam lho.
Dari pengalaman di atas, dapat saya paparkan beberapa hal sebagai berikut:
1. IDWEBHOST berkomitmen menyambut hangat dan sepenuh hati melayani customernya. Bahkan beberapa jalur komunikasi dimanfaatkan (via email dan sms) agar customer tidak berpikiran 'menunggu lama'.
2. IDWEBHOST memberikan kemudahan bertransaksi untuk customer. Hal ini saya lihat dari banyaknya nomor rekening dan jenis Bank yang tertera di halaman pembayaran. Dengan demikian, customer tidak terbebani saat harus mentransfer dana karena pilihan Bank yang tersedia banyak. 
3. IDWEBHOST berusaha memberikan tarif domain dan hosting murah.Saya sudah coba bandingkan dengan yang lain, ternyata domain murah hanya ada di IDWEBHOST.
4. IDWEBHOST tetap melayani sepenuh hati meskipun saya minta bantuan malam-malam. Patut dicontoh oleh penyedia hosting lain. Gaya bahasa yang santun dan memberikan rasa nyaman saat memberikan jawaban atas pertanyaan saya via YM, memberikan nilai plus bagi penyedia jasa hosting terbaik ini.

Semoga ke depan, IDWEBHOST dapat memberikan yang lebih bagi customernya. Ya minimal mempertahankan pelayanan seperti yang saya paparkan di atas. Bravo IDWEBHOST, Solusi Webhosting Indonesia.

2 komentar: