26 October 2011

Alhamdulillah, keinginan untuk mencoba telepon pintar (smartphone) berbasis Android akhirnya terkabul. Setelah menabung sekian lama, pada akhir September 2011 kemarin saya putuskan untuk membeli smartphone berbasis Android. Dan pilihan itu jatuh pada Sony Ericsson Xperia X8, atau lebih dikenal dengan kode nama Shakira.
Xperia X8 yang saya beli ternyata sudah di-upgrade Androidnya ke versi 2.1 (Eclair). Namun demikian, termasuk ketinggalan teknologi, mengingat pada waktu yang sama, beberapa smartphone Android keluaran pabrikan lain sudah mengusung versi 2.2 (Frozen Yogurt - Froyo). Kelemahan versi Eclair yang belum saya temukan solusinya adalah saat menekan icon terlalu lama, maka muncul shortcut untuk uninstal aplikasi yang saya tekan lama tadi. Ini masih bisa diantisipasi supaya tidak uninstal, dengan cara menekan tombol Back. Namun anak saya ternyata tidak begitu. Begitu menekan lama, dan muncul opsi untuk uninstall, maka justru disentuh tombol Uninstall. Alhasil, aplikasi game (Angry Birds, waktu itu) hilang. Nangis dah...
Karena kelemahan itulah, saya coba untuk cari informasi tentang bagaimana caranya upgrade ke versi 2.2 (Froyo). Ternyata Xperia X8 bisa diupgrade Androidnya, namun secara tidak resmi alias custom modif. Dari beberapa forum yang saya baca, diperoleh kesimpulan tentang cara mengupgrade androidnya menjadi versi 2.2. Caranya adalah sebagai berikut.
1. Pastikan baterai X8 penuh atau cukup untuk upgrade (minimal lebih dari setengah battery bar)
2. Download program Xrecovery. Aplikasi ini fungsinya adalah untuk memperoleh hak mengakses akar (root) dari sistem operasi Android. Namun perlu diketahui, aksi rooting ini akan MENGHILANGKAN GARANSI RESMI SONY ERICSSON. Jadi pertimbangkan betul saat akan mengupgrade.

0 komentar:

Post a Comment