21 February 2014

"Ikatlah ilmu dengan menuliskannya". Begitulah kata pepatah bijak mengatakan. Memang benar adanya. Sebelum lupa, saya hanya ingin sedikit berbagi tips bagaimana caranya mengubah / mengganti tampilan mata uang (currency) di halaman depan Prestashop (PS) 1.5.6.2.
Sebelumnya saya sempat dipusingkan dengan masalah ini. Mengapa? Karena ternyata mengganti mata uang default di halaman administrasi saja belum cukup. Perlu diketahui, setelah Prestashop diinstal, maka mata uang default kalau tidak USD ($), ya Euro (simbolnya gimana nih?). Sedangkan pengguna di Indonesia menginginkan tampilan mata uangnya adalah Rupiah (Rp.). Beberapa cara yang saya baca di internet, kebanyakan mengarah pada penggantian mata uang default di halaman administrasi. Namun ternyata tidak berefek pada halaman depan Prestashop.
Berikut ini saya mencoba berbagai tips cara mengganti tampilan mata uang (currency) di halaman depan Prestashop 1.5.6.2:
1. Login halaman administrasi Prestashop 1.5.6.2

2. Pilih menu Localization > Localization

3. Impor paket Localization dengan memilih di Tab Import a localization pack.

Pilih negara Indonesia, centang pada Content to Import: States, Taxes, Currencies, Languages, dan Units. Pilih Yes (centang) pada Opsi Download pack data jika anda menginginkan semua data Indonesia langsung diimport dari server Prestashop, dan No (silang) jika anda menginginkan import data dari file di folder instalasi Prestashop lokal. Klik tombol Import.

4. Selanjutnya ganti semua nilai di Tab Configuration (di bawah Tab Import a localization pack), sebagai berikut:
Default language: Indonesian
Default Country: Indonesia
Default currency: Rupiah (ada peringatan: jika anda mengubah default currency, maka anda harus mengubah secara manual harga setiap produk)
Time zone: Asia/Jakarta
Klik tombol Save.

5. Pada Tab Advanced, ganti Language locale: id, Country local: id. Sekali lagi klik tombol Save.
Sampai disini, (pengalaman saya) halaman administrasi Prestashop akan berubah tampilan bahasanya menjadi bahasa Indonesia.

6. Seperti tadi yang sudah disampaikan pada langkah nomor 4, bahwa jika mengganti Default currency maka Anda diharuskan mengganti secara manual harga setiap produk. Untuk hal ini, silahkan anda ubah dulu harga masing-masing produk tersebut pada menu Catalog (Katalog) > Products (Produk)
Muncul daftar (list) produk yang ada. Pilih tombol Edit () untuk mengubah detail produk (termasuk harga di dalamnya).
Setelah muncul halaman edit untuk produk, pilih pada tab Prices (Harga) untuk mengganti harga. Setelah itu jangan lupa klik tombol Save (Simpan) di kanan atas.

7. Langkah terakhir adalah menghapus cache dengan cara: Pilih menu Advanced Parameters > Performance.
Pada tab Smarty, centang pada Cache dan kemudian tekan tombol Clear Smarty cache & Autoload cache

Demikian langkah-langkah mengganti tampilan mata uang (currency) di halaman depan Prestashop 1.5.6.2. Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda.

2 komentar: