21 April 2015

Beberapa waktu lalu mendapatkan voucher gratis domain my.id dari salah satu penyedia jasa domain ternama di Indonesia. Sayang kalau tidak dimanfaatkan. Meskipun cuma gratis setahun. Setelahnya bayar. Hehehehe...
Langsung saja, saya coba register nama domain banu.my.id dan diterima. Setelah itu, ada balasan di email yang meminta bukti scan kartu tanda pengenal (KTP/SIM/PASSPORT) untuk verifikasi kepemilikan domain. Dan sudah saya balas dengan mengirimkan foto SIM. Tahap register domain banu.my.id selesai.
Tahap berikutnya adalah, banu.my.id mau ditembakkan kemana? karena saya punya blog pribadi (yang tidak terurus ini, hehehe), ya langsung saja maksud saya mau ditembakkan ke blogspot ini. Ternyata eh ternyata, jawaban dari CSnya penyedia domain tersebut, saya harus beli hostingnya dulu supaya dapat server DNSnya. Alamak, ribet bener ya. Kirain gratis tis tis. Ternyata harus bayar buntutnya eh DNS servernya. Saya kira bisa langsung tembak saja.
Terpaksa muter-muter dulu cari DNS gratisan. Kenapa bisa begitu? Karena kalau dimasukkan custom domain id di bagian Setting Domain blogspotnya, maka blogger akan ngasih tanda merah yang artinya domain tidak terkoneksi ke blogspot. Skema gampangnya mungkin gini kali ya:
Domain -- DNS SERVER -- Blogspot
Jadi antara alamat domain dan blogspot, harus ada perantaranya, yaitu DNS Server (kalau salah, mohon dikoreksi ya pemirsaaahh). 
Hasil googling, akhirnya dapat DNS Server yang free di freedns.afraid.org. Kalau mau masukkan domain yg mau di dns serverkan, harus login dulu. Kalau belum punya ya ndaftar. Gampang kok. cukup isi formulir nama, username, alamat email dan password. Nanti akan dapat email untuk verifikasi keanggotaan, tinggal diklik link verifikasi di email, dan selesai sudah registrasi anggota di freedns.
Oke, Pertama kali buka halaman administrator blogger untuk mengubah alamat blogspot kita menjadi custom domain my.id. Pilih blognya, cari bagian setting dan klik Select 3rd party URL for your blog. Lihat gambar bawah ini nih kalo bingung :)
Gambar 1
Isikan nama domain my.id yang akan ditambahkan. jangan lupa kasih www didepannya. Setelah di Save, akan muncul informasi untuk ditambahkan di DNS Servernya. Lihat gambar berikut:
Gambar 2
Diperoleh informasi :
A name --> www --> ghs.google.com
CNAME --> qfmblablabla --> gvuslblablabla.dv.googlehosted.com
dicatat dulu ya.

Selanjutnya pindah ke halaman freeDNS. Langkahnya adalah menambahkan domain yang akan ditembakkan ke blogspot. Caranya:

Gambar 3

1. Pilih Add Domain
2. Muncul kotak dialog Add Domain. Isikan pada kolom Domain dengan alamat custom domain my.id
3. Klik Submit
Nanti akan muncul pemberitahuan bahwa domain yang ditambahkan BELUM TERSAMBUNG (BROKEN)
Gambar 4

Gapapa. Lanjut ke langkah berikutnya saja. Klik menu Domains di bagian kiri halaman FreeDNS. Nanti akan muncul daftar domain yang telah ditambahkan. 
Setelah daftar domain muncul, langkah berikutnya adalah klik Manage pada nama domain yang akan disetting. Muncul kotak dialog seperti di bawah ini.
Gambar 5
Karena saya tidak butuh FTP, IRC dan MAIL, maka subdomain FTP, IRC dan MAIL TIDAK SAYA DELETE. Melainkan hanya diedit saja
Gambar 6
Pada kolom Subdomain, yang tadinya tertulis ftp, didelete saja. Pada kolom Destinasi, isikan: 216.239.32.21. Masukkan kode gambar kemudian klik tombol Save. Ulangi lagi untuk mengedit subdomain IRC dan MAIL dengan mengisikan pada kolom destination:
216.239.36.21
216.239.38.21
Selanjutnya, pada subdomain www.namadomain.my.id, silahkan diedit dengan destination ghs.google.com seperti berikut ini.
Gambar 7
Setelah edit sana dan edit sini, diperoleh hasil setingan seperti dibawah ini. 
Gambar 8
Selesai sudah setingan untuk di halaman FreeDNS. Setelah itu saya perlu dan harus menyeting arah tembakan domain my.id saya. Oleh karena itu, saya masuk ke halaman pengaturan domain di tempat saya dapat gratisan domainnya. Saya ubah nameservernya dengan nameserver FreeDNS seperti pada gambar 1 di atas.
ns1.afraid.org
ns2.afraid.org
ns3.afraid.org
ns4.afraid.org
Setingan di penyedia domain, selesai. 
Selanjutnya menunggu propagasi domain my.id di DNS Servernya, kurang lebih 24 jam. 

Terima kasih sudah bersedia membaca.

0 komentar:

Post a Comment