02 May 2015

Ketika kita melihat ada video yang bagus yang dishare oleh teman-teman Facebook, ada keinginan untuk menyimpannya di harddisk laptop atau PC kita. Namun kita kesulitan untuk mengambil video tersebut, melainkan dengan tambahan plugin atau addon pada browser kita. Atau juga menggunakan aplikasi pihak ketiga yang kita tidak tahu kebersihannya dari virus-virus komputer.
Nah sebenarnya ada cara manual untuk menyimpan video dari Facebook. Ikuti langkah berikut ini. Syaratnya, anda menggunakan browser Google Chrome.

Pertama, Klik video yang kita ingin simpan. Dengan mengklik video tersebut, maka facebook akan memainkan video tersebut dengan membuat kotak tersendiri. Putar saja sampai selesai.



Kedua, Buka Window Explorer. Cari Folder berikut:
C:\Users\NAMAUSER\AppData\Local\Google\Chrome\User Data\Profile 1\Cache
Setelah ketemu, urutkan berdasarkan ukuran filenya (Size) dari besar ke kecil. File dengan kapasitas besar berada di atas, dan yang berkapasitas kecil di bawah.

Ketiga, Buka aplikasi pemutar video seperti Media Player atau VLC atau yang lain. Posisikan pemutar videonya seperti gambar berikut.
coba tarik file dengan awalan f_000xxx ke dalam pemutar video dan tunggu prosesnya.

Keempat, Jika pemutar video dapat menampilkan videonya, copy file tersebut ke drive atau folder lain.
Kelima, ganti nama file yang telah dicopy tersebut dengan nama yang lebih familiar, jangan lupa sertakan ekstensionnya, semisal f_000434 menjadi traktornekat.flv

Selamat Mencoba!

0 komentar:

Post a Comment